Ad Code

Responsive Advertisement

USIA MATANG = USIA CANTIK


Pertemuan tadi sore dengan ibu-ibu seusiaku membawa kisah yang menarik sekaligus menjadi bahan renungan dalam hati.
“Aduh aku sudah tidak dapat belajar seperti ibu, aku sudah tua”. Teringat lagi ucapan seorang ibu, teman aku. Padahal usianya dua tahun lebih muda dariku.
“Bukannya tidak dapat belajar tetapi sudah malas, apa lagi yang mau dicari, kan… tidak lama lagi aku pensiun” kata teman lainnya.
“Kapan ibu pensiun?” tanyaku
“Delapan tahun lagi” jawabnya mantap. Berarti usianya sekarang 52 tahun. 

Memang sih…sudah setengah abad lebih dua tahun. Usia yang sangat matang. Lalu apakah di usia itu kita harus berhenti belajar?
Atau apakah di usia itu kita harus berpasrah diri menunggu masa pensiun?
Bagaimana kalau kita tidak pernah bersua dengan masa pensiun, kita dipanggil Allah  sebelum pensiun tiba. Berarti kita sudah mati  sebelum tutup usia sesungguhnya.
Bagaimana denganku?

Bulan depan, tepatnya tanggal 11 Desember, aku akan berulang tahun ke 52. Usia yang sudah sangat matang. Tetapi beberapa kali bertemu dengan orang-orang yang mengenalku di masa lalu selalu  berkata, “ibu tidak banyak berubah, masih seperti dahulu”.
Apakah mereka bicara sebenarnya atau hanya sekedar menghibur saja. Entahlah.
Mana ada orang yang tidak berubah setelah berada di usia sematang itu?

Tetapi aku tidak perlu tahu, apalagi menelusuri kebenarannya, itu tidak penting!
Yang penting sekarang adalah mengenang masa-masa usia cantik-ku, sekalipun aku merasa masih tetap cantik hingga kini.
Hihihi..merasa percaya diri  tidak identik dengan sombong kan?

Usia 40 tahun aku diberi anugrah lagi dengan kehamilan kelimaku.  Karena itulah aku merasa masa itulah  sebagai masa keemasanku masa tercantik dalam hidupku.

Kenapa tidak?
Beberapa ibu di luar sana akan merasa sangat khawatir dengan kehamilannya di usia 40, dokter juga berkata demikian.
“Ibu akan mengalami kelemahan, usia ibu sangat rentan apalagi nanti pada saat melahirkan, kemungkinan ibu akan dioperasi” masih terngiang ucapan dokter saat aku dan suamiku berkonsultasi pada awal semester  pertama kehamilanku.

Dokter boleh memprediksi, orang-orang pun boleh berpendapat. Tetapi yang menentukan jalan hidupku adalah diriku sendiri.
Setiap hari aku menyemangati diri , berpikir positif, bahwa yang mengetahui keadaanku adalah diriku sendiri.
Dan yang paling penting, setiap hari,  aku berusaha untuk  tidak pernah lupa bahagia.

Selama 9 bulan 10 hari dalam kehamilanku, aku  tetap menjalankan tugasku sebagai guru. Tidak mau absen hanya karena alasan hamil.
Hingga putriku lahir dengan selamat tanpa operasi. Alhamdulillah.
Proses kelahirannya sangat lancar tanpa kendala yang berarti. Sama saja dengan proses kelahiran kakak-kakaknya. Maka aku katakana, prediksi dokter tidaklah terbukti demikian pula kekhawatiran orang-orang tidak terjadi.

Saat menyusui bayiku, pun  tidak ada kendala, Dia mendapatkan ASI eksklusif. Usia 40 tahun tidak mengurangi produksi asiku. Putriku tumbuh sangat sehat.
Aku merasa saat itulah usia tercantik dalam hidupku.

Bukan berarti aku menyarankan untuk hamil di usia 40 tahun, karena bagaimanapun hamil di usia seperti itu adalah sangat riskan. Namun jika kebetulan kita berada pada kondisi seperti itu, maka jalanilah dengan ikhlas dan selalu berprasangka baik.
Berprasangka baik  kepada Tuhan dan prasangka baik kepada diri sendiri.


Saat ini usiaku sudah setengah abad lebih 2 tahun, seperti yang aku katakan dari awal bahwa aku masih merasa cantik hingga kini.
Bukan karena beberapa mantan muridku  yang ketika bertemu selalu memujiku dengan berkata bahwa aku tidak pernah berubah
Sekalipun demikian, kadang-kadang aku mendapati beberapa kerutan di wajahku. Karena itu aku harus lebih intensif lagi merawat kulitku.

Dan taraaaaa…
Pilihanku jatuh pada produk L’Oreal Paris Dermo Expertise Revitalift Dermalift Day Cream. Aku jatuh cinta pada produk ini karena dikombinasikan dengan Pro Retinol A, memiliki aksi intensif. Selain itu, crem ini akan merawat kekencangan kulit sehingga mencegah kerutan di wajahku secara efektif. Dengan teksturnya yang lembut dan ringan maka akan meresap dengan cepat ke dalam kulit sehingga akan mencegah penuaan dini.


Revitalift Dermalift Day Cream merupakan teknologi baru Dermalift akan meningkatkan produksi 8 natural lifter yang akan merawat kekencangan kulitku dari dalam apalagi dikombinasikan dengan Pro-retinol A bahan anti-wrinkle yang mengoptimalkan regenerasi kulit.
Pada malam hari, aku akan memakai L'Oreal Paris Dermo Expertise Revitalift Dermalift night cream. Agar pada pagi hari saat aku bangun tidur, kulit aku akan terasa lembut , lembab dan nyaman. Formula innovatifnya akan mengoptimalkan regenerasi kulit wajahku.


Dan bagiku usia cantik itu bukan karena indikatornya adalah wajah mulus  tanpa kerutan saja, namun usia cantik bagiku adalah usia dimana kita selalu bahagia, menunaikan tugas dengan penuh tanggung jawab, serta menjalani kehidupan dengan sebaik-baiknya.




Posting Komentar

2 Komentar

  1. jadi teringat ama pengalamanku dulu mengajar eh, ingetibu guru syantik ini yang smart dan bijaksanan.
    Salam kenal yaa - dari Kudus, jateng.
    IG & Twitter :@cputriarty

    BalasHapus
  2. Wah, keren Mbk masih fit ya di #UsaCantik semoga selalu berkah selalu. Salam kenal ya.

    BalasHapus

Ad Code

Responsive Advertisement