Minggu, 19 Juni 2016

Ramadhan Berkah



Kemarin menghadiri acara buka puasa bersama alumni SMP Negeri 7 Makassar angkatan 1997, acaranya biasa saja didahului dengan pengajian lalu berbuka puasa dan diakhiri dengan pemberian cindera mata kepada mantan guru-gurunya baik yang masih aktif maupun yang telah pensiun.
Acaranya biasa saja namun ada beberapa hal yang menjadikan acara itu sangat istimewa karena:


  1. Menjadi ajang silaturahim baik sesama mantan siswa maupun dengan sesama mantan gurunya karena beberapa guru yang hadir adalah guru yang telah pensiun. Sangat indah dipandang kala melihat guru-guru yang masih aktif bersalaman, berpelukan dengan teman guru yang sudah pensiun. Mereka bercerita dan bercengkerama dengan wajah –wajah yang penuh senyum.
  2. Menjadi contoh yang baik terhadap anak-anak kecil yang hadir dimana sebagian besar anak-anak itu adalah anak-anak dari alumni yang telah berkeluarga. Bahkan dengan bangganya mereka para alumni  memperkenalkan gurunya kepada anak-anak mereka sambil berkata:”nak..ini gurunya bapak yang mengajar dan mendidik bapak waktu bapak bersekolah dahulu beri salam nak”. Terharu dan sangat senang. Orang tua yang baik memberi contoh yang baik bahwa demikianlah seharusnya seorang murid akan tetap hormat, menghargai dan santun kepada gurunya, semoga anak-anak mereka kelak akan memperlakukan gurunya sebagaimana orang tua mereka memperlakukan gurunya.
  3. Adil, mereka para alumni memberi cindera mata tanpa membedakan antara guru yang pernah mengajar mereka dengan guru yang tidak mengajar mereka (beberapa guru yang hadir adalah guru baru yang dating setelah mereka tamat).
  4. Beradab dan  memuliakan anak yatim,  mereka mengundang anak yatim untuk berbuka bersama dengan makanan yang sama dengan yang dimakan oleh semua undangan yang hadir. Bercanda dengan anak yatim tanpa melecehkan. MasyaAllah.
  5. Menyebarkan kebahagiaan, mereka foto bersama dengan siapa saja dengan penuh kegembiraan. Foto bersama anak yatim, foto bersama guru-guru dan foto bersama dengan keluarga mereka.


Selamat dan terima kasih kepada seluruh alumni SMP Negeri 7 Makassar angkatan 1997, semoga kalian akan terus menyebarkan kebaikan dan kebahagiaan. Semoga kita dipertemukan kelak di sorga. Aaamiin.












0 komentar:

Posting Komentar